4
24 Comments

Any Indonesian makers here?

Want to collect information for those people from Indonesia

on May 5, 2020
  1. 2

    I'm from Bali, Indonesia. Salam kenal bro

    1. 1

      May i know what payment gateway you use to process payment?

      1. 1

        Paddle.com higher fee 5%, hopefully stripe available in indonesia as soon as possible :)

        Salam kenal bro, project apa yang mau dibuat?

        1. 1

          Btw is it okay to speak Indonesian here?

          Ahh terakhir kali aku cek Paddle belum support Indonesia, sekarang udah bisa ya, udah terlanjut implement pake PayPal T.T

          Formcubes.com bro...form bakend dengan affordable price. SAAS pertama nih :D

          Kalau boleh tahu, project kamu progress dan growth nya gmn?

          1. 1

            Boleh sepertinya hahahaha paddle bisa bro https://developer.paddle.com/reference/platform-parameters/supported-countries.

            Sukses ya bro, biar maker indonesia bisa bersaing di luar negeri👍 project yg sekarang lagi dalam pengerjaan MVP bro, bagi waktu sama krjaan freelance.

            Btw kok kepikiran bikin Formcubes.com bro?

            1. 1

              Aku kalau pas ngefreelance lebih suka pakai static site gen utk client yg minta company profil atau web-web yg sederhana. Nah setiap project kan pasti pake butuh contact form, krn static site ga pake server, maka harus pakai service. Form backend yg sudah ada saat ini menurutku overpriced dan overpowered utk kebutuhan yg sederhana.

              Jadi aku buat formbackend yg "just-work" dengan harga yg affordable. Kalau butuh extra feature, tinggal beli Add-ons yg dibutuhkan. Jadi intinya menyasar market yg butuh harga murah sih, untuk personal/hobbyist dan small business.

              Bro aku kan ga paham marketing, kalau Dumigio itu untuk siapa dan apa si? kalau lihat dari landing page aku saja aku kurang paham hehe...

              1. 1

                @mig13 hahaha sama bro, Siap bro👍

              2. 1

                Oh gitu, ia jauh lebih murah daripada kompetitor ya bro. Kalo aku diminta web yang biasa, cuman pakai wordpress aja hahahha. Siapa tau kalau ada project web statis, aku pakai formcubes.com bro

                Dumogio itu marketnya marketer bro, selama ini belajar digital marketing, nyoba FB ads, ktmulah yang namanya retargeting ads, ini powerful banget buat menghemat biaya iklan dan meningkatkan konversi.

                Jadi contohnya gini bro, misalkan kita jual baju jersey bola, kita bikin pixel dulu di fb ads manager, trus kita cari artikel yang mengenai bola, nah artikel itu kita bikin short urlnya di dumogio (kayak bit.ly) dan masukin code pixelnya. Baru kita share disosmed, kalau ada yg klik, user itu trekam di pixelnya, trus kita bisa push iklan iklan kita ke orang trsebut, asumsinya orang yg klik link itu suka sama bola.

                Makanya kadang kita kalo ke web tokopedia lihat suatu barang misalnya, nanti iklan tokopedia bisa muncul di fb kita bro, itu pakai retargeting pixel

                1. 1

                  Oh gitu, ia jauh lebih murah daripada kompetitor ya bro.

                  Iya awalnya aku buat model B2B dengan harga yg lebih tinggi, tapi persainganya berat. Akhirnya pivot ke model yg sekarang

                  trus kita cari artikel yang mengenai bola, nah artikel itu kita bikin short urlnya di dumogio (kayak bit.ly) dan masukin code pixelnya. Baru kita share disosmed, kalau ada yg klik, user itu trekam di pixelnya, trus kita bisa push iklan iklan kita ke orang trsebut,

                  Itu kalau orang tersebut ngeklik link tersebut, dia akan diredirect ke produk/halaman kita atau akan disuguhi iklan produk kita seperti pada ad network?

                  1. 1

                    Aku ga bisa balas comment mu yang di bawah bro, kayaknya IH membatasi reply.

                    Wah aku baca post yang itu bro, cuman ga ngeh orang indo hehehe content marketing sebenarnya bagus bro, cuman kadang minder sama bahasa inggrisku hahaha di project sebelumnya, aku bikin content trus submit di hackernews, lumayan trafficnya walaupun tidak halaman pertama.

                    Ok, moga sukses ya bro. Kalau ada apa apa, email aja aku di profileku .

                    1. 1

                      Sama aku juga minder haha...sampe kepikiran sewa proofreader dari fivver xD

                      Oke, moga sukses juga bro. Keep in touch ya...

                  2. 1

                    Redirect ke halaman artikel bola yg tadi bro, sama kayak bit.ly cuman ini ada pixelnya aja. Nah nanti kita bisa minta facebook buat ngiklanin produk kita ke orang orang yg klik link itu.

                    Cara pemasaran formcubes nya gmana aja bro? Pernah direct selling bro? Ke agency agency gitu

                    1. 1

                      Oh gitu, paham bro...

                      So far main traffic ku dari content marketing sih bro, dulu waktu masih open beta (sekarang closed lagi krn pivot), traffic ku paling besar dari https://www.indiehackers.com/post/mistakes-and-lessons-i-learned-from-building-my-very-fist-saas-6c326dae6e (1400 views) beberapa datang dari direct competitor ku. Selain itu, paling sekali-kali promote secara halus di twitter kalo ada twit mengenai static sites.

                      Pernah reaching out langsung ke agency, tapi ga dapet balesan. Pernah ada potential customer dari agency dateng sendiri ke aku, tapi dia punya concern besar masalah GDPR. Karena masih early, aku belum punya privacy policy, terms of service, data processor agreement, dll jadi dia memutuskan ga pake serviceku xD

                      Dan belum pernah direct seliing ke Agency Indonesia juga hehehe...

  2. 1

    Hello from Bekasi, salam kenal

  3. 1

    Wow, just found this awesome community :D

  4. 1

    Hi Bangun, btw gimana progress IndieHackers journey mu?

  5. 1

    Im from Semarang, bro...lam kenal....

    1. 1

      Lagi build apa nih mas? @mig13, saya dari semarang juga, baru tahu ada IH, keren banget komunitasnya ini hehe :D

      1. 1

        Halo mas aria, maaf baru bales, kemarin sempat lihat notif tapi belum sempat balas. Wah semarang ya, kapan2 bisa kolab nih haha... salam kenal ya.

        Ini lagi porting Formcubes ke firebase dan ganti pricing model. Juga ini lagi buat kamus bahasa slang dan tidak baku. Kalau kamu lagi build apa mas?

        1. 1

          Mantabs mas, btw kenapa tuh mas pindah ke firebase? Aku lihat kok kayaknya pricing firestorenya bikin keder ya (belum pernah production sih pake itu).

          Siap pakde, haha. Ditunggu kabar2nya.

          Aku lagi bikin SaaS utk hotel, terinspirasi dari https://guruhotel.com, cuman fokus ke Mobile Appsnya

          1. 1

            Kalau cloud function kena biaya nya per pemanggilan fungsi, jadi bayarnya kalau ada yg pake aja, karena aku ga kasih free tier, jadi insyaAllah ga mungkin tombok hehehe.

            Kalau SAAS-ku ga simpan data client sih mas, jadi database ku kecil, free tier firestore aja cukup.

            Tapi kalo aplikasi kamu perlu query yang kompleks mending jangan pake firestore, firestore ga bisa query max, distinct, min, avg, text-search. Firestore bagusnya untuk realtime sync antara client-server online/offline.

            Saas hotelnya target pasamya Indonesia apa luar mas? Btw ikut 1000startupdigital mas?

            1. 1

              I see,

              Kalau existing customer Indonesia, tapi sifatnya ya dari mulut ke mulut hehe. Ini mulai mau nyasar luar rencana.

              Kayaknya ngga dulu, hehe.

  6. 1

    Not Indonesian, but I live in Bali :)

    I'd love to connect with more fellow Indonesians.